SAMARINDA- Disperkim Kota Samarinda

KOTAKU ( PROGRAM KOTA TANPA KUMUH) Merupakan program untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan permukiman kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat, Samarinda termasuk dalam pelaksana pada Program KOTAKU Perangkat Daerah  yang termasuk dalam Pokja PKP(Perumahan dan Kawasan Permukiman) Kota Samarinda. Antara lain dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Perangkat Daerah yang terkait ikut serta dalam pelakasaan program KOTAKU.

Pada acara tersebut berbagai aspirasi/saran Perangkat Daerah menyampaikan beberapa hal penting demi mensukseskan Program Kotaku salah satunya mengenai Data. Data merupakan hal utama dan Kunci dalam hal ini untuk terwujudunya infomasi yang akurat agar masyarakat mengetahui kinerja Pemerintah yang sedang berlangsung, “Setiap OPD wajib memberikan data informasi yang akurat dan terupdate. Di Samarinda juga sudah menyediakan wadah tersebut  yaitu Aplikasi SI PESUT TERBANG yang menjadi pusat Data dari semua Perangkat Daerah di Samarinda (One Data)” (Pinta Pak Agus Pokja Bappeda Litbang). Pak Surnayata juga memberikan beberapa masukan mengenai data “Data Merupakan hal yang penting dan saat ini kita sanagat lemah untuk hal itu, saya berharap semoga di kedepannya ada keterkaitan antar Perangkat Daerah untuk membantu dalam menyampaikan data yang Valid dan terupdate demi mensukseskan Visi Misi Walikota Samarinda yaitu Program KOTAKU” (Lanjut Pak Suryanata Pokja DISPERKIM).

Di akhir Rapat Tim Pendamping Program Kotaku menyerahkan Data-data KOTAKU  sekaligus (Transfer Of Knowledge)  hal ini sebagai Langkah awal untuk mendorong Pemerintah Kota Samarinda dalam upaya melanjutkan penanganan dan pencegahan kumuh, pasca Pendampingan Program Kotaku.

Upaya ini akan terus berlanjut dengan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai Nahkoda dalam upaya-upaya ini sesuai dengan RPJMD Kota Samarinda.