Samarinda, 06 April 2022

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dalam rangka merealisasikan program 10 Program Unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun-Rusmadi sebagai perwujudan dalam Samarinda sebagai kota pusat peradaban. Dan salah satunya pada point Nomor 9 yakni Program Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Rekreasi dan 1 Kelurahan 1 Playground.

RTH merupakan lahan dalam kota dengan peruntukan taman, hutan kota dan Program pengembangan RTH ini sekaligus diarahkan untuk membangun taman rekreasi dan paling tidak setiap kelurahan memiliki satu taman bermain (play ground).

Berdasarkan UU No. 26 tahun 2007 telah mengamanahkan agar setiap kota memiliki 30% RTH dari luas kota.

Salah satu Gambar DED Playground yang akan di bangun oleh Disperkim Kota Samarinda di Tahun 2022.

RTH bukan sekedar lapangan rumput dan ditanami dengan tanaman berbunga semata, tetapi juga harus banyak ditanami beragam pohon yang berdaun lebat. Sehingga tercipta suasana yang nyaman bagi warga untuk berekreasi.

Untuk itu, Pemkot Samarinda melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Samarinda, akan segera membangun playground atau ruang bermain untuk anak usia dini di setiap kelurahan secara bertahap.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Perkim Kota Samarinda, Herwan Rifai melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Sarana, Utilitas Umum (PSU) Neneng Chamelia Shanti mengatakan bahwa pembangunan ruang bermain ini dilakukan sebagai wujud jalannya program 10 unggulan Pemkot Samarinda dan pembangunan Playground ini masuk ke bagian nomor 9 yang bertujuan dalam rangka upaya pemerintah mendukung perkembangan anak.

“Tahun ini sudah ada 10 titik yang akan di bangun Playground di kawasan RTH, dan sesuai program unggulan tersebut, bahwa setiap Kelurahan di Kota Samarinda akan di bangun arena rekreasi anak dan keluarga,” ucapnya saat di temui swarakaltim diruang kerja Kantor Disperkim Kota Samarinda, Selasa (5/4/2022) tadi pagi.

“Sebelumnya pembentukan dokumen Detail Engineering Desain (DED) sudah rampung, dan saat ini proses pekerjaan, dengan target 4 bulan kedepan 10 titik ini bisa dinikmati warga setempat,” ujarnya.

“Dan sebenarnya target nya setiap kelurahan, namun di lihat kondisi anggaran yang ada saat ini 10 titik dulu, sedangkan 49 titik lagi akan di tuntas, dan diharapkan di tahun 2023 seluruh Kelurahan di Kota Samarinda telah memiliki Playground ini,” ungkapnya

Kabid PSU Disperkim Samarinda Neneng Chamelia Shanti kembali menjelaskan bahwa dengan program pengembangan RTH ini, maka bisa dijadikan tempat rekreasi, olah raga dan mendorong sektor UKM.

“Sehingga bukan saja mempercantik wajah kota, tetapi sektor UKM tumbuh dan yang penting warga kota menjadi warga yang sehat secara fisik dan rohani,” imbuhnya.

“Kami berharap kepada masyarakat, agar bisa menjaga dan memelihara Playground ini kedepannya,” pungkasnya. (AI)

Sumber berita : https://swarakaltim.com/.../disperkim-samarinda-bangun.../