Samarinda, 4 Maret 2019

       Mal Pelayanan Publik adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan kegiatan pelayanan publik atas barang, jasa dan/ atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/ Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam Rangka Menyediakan Pelayanan yang Cepat, Mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

Tujuan MPP :

  • Pelayanan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Mudah dijangkau oleh masyarakat.
  • Pelayanan yang diberikan memberikan rasa nyaman.
  • Terintegrasi antara Pelayanan Pusat dan daerah sekaligus pelayanan bisnis dalam satu tempat.
  • Pelayanan menjadi  cepat, hemat waktu, dan biaya.
  • Singkronisasi Pelayanan yang saling terhubung antar unit pelayanan.

Latar Belakang dari MPP :

  • Pelayanan terpadu di pusat dan daerah belum berjalan baik.
  • Penggunaan teknologi informasi terkait layanan perizinan belum optimal.
  • Masih terdapat Ego Sektorat masing-masing instansi.

Hasil yang diharapkan dari MPP :

  • Memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dalam mendapatkan pelayanan
  • - Efektifitas dan efisiensi dalam penerapan standar pelayanan.
  • - Peningkatan Kepuasan Masyarakat dan dunia usaha.
  • Meningkatkan Daya Saing Global dalam memberikan kumudahan berusaha
  • - Memberikan kontribusi terhadap peningkatan peringkat kemudahan berusaha atau EODP (Target 2019 = Peringkat 40)